Tuesday, October 31, 2023

Mimpi Nyata Wujud IKN Berbasis Teknologi AI

 

Perkembangan AI begitu signifikan dalam 5 tahun belakangan, terlihat begitu jelas saat AI dianggap jadi gebrakan baru dalam membangun negeri. Implementasinya kini tak sebatas aplikasi saja, ia kini sudah merambah semua lini kehidupan masyarakat. Peran AI lebih hanya sebagai membantu memudahkan pekerjaan manusia namun cara mengimplementasikan dalam pembangunan negeri.

 

Bahkan bisa dibilang AI menjadi perhatian besar yang terus dikembangkan. Dulunya dianggap sebagai ancaman nyata namun kini AI dianggap cara terbaru merevolusi dunia. Bila mampu dijalankan berdasarkan etika dan nilai-nilai positif, AI dianggap meningkat kualitas hidup manusia dan mendukung kemajuan sebuah bangsa.

 

Selain itu, penting untuk memastikan bahwa penggunaan AI didukung oleh regulasi dan aturan yang jelas dan diterapkan secara konsisten. Hal ini akan membantu mencegah penyalahgunaan dan memastikan bahwa AI digunakan dengan cara yang aman dan bertanggung jawab.

 

Indonesia dan Menciptakan Ibukota Baru Nasional

Selama 4 tahun terakhir, pemerintah sedang gencarnya memindahkan ibukota baru. Membangun sebuah kota baru tentu saja sebuah mega proyek besar. Dana yang cukup besar harus dicurahkan di sana. Sudah ada perencanaan dan desain yang dibuat sedemikian rupa, hadirnya AI mampu menekan sejumlah biaya kerja.

 

Memang ada banyak pro kontra yang harus dihadapi, nyatanya menciptakan ekosistem baru berarti ibarat menciptakan kondisi baru. Proses yang dirasa sangat menarik misalnya pembatasan karbon pada kendaraan yang digunakan. Kota baru tentu berhasil menciptakan peraturan baru, termasuk salah satunya implementasi AI secara menyeluruh.

Sejak awal AI bisa dilibatkan, dimulai dari analisis data dalam hal data geospasial, demografi, dan lalu lintas, sehingga membantu dalam perencanaan tata letak kota yang lebih efisien. Kota yang dipilih sebagai ibukota Indonesia sudah melalui itu semua, hingga akhirnya Penajam Paser Utara menjadi ibukota di masa depan

 

Setelahnya cara yang dilakukan dengan simulasi kota, di tahapan ini AI bisa berguna dalam memanfaatkan lahan yang ada dalam melakukan proses modeling sebuah kota hingga akhirnya menjadi lokasi yang tepat atas segala ruang lahan yang ingin dibangun. AI diharapkan dari awal sudah berperan bahkan saat penentuan awal lahan dimulai.

 

Peluang IKN dalam Memaksimalkan Potensi AI

Hadirnya IKN tentunya membuat cara mengatur dan membuat regulasi jadi lebih mudah. Selain itu, dengan adanya IKN proses implementasi AI di Indonesia jadi menyeluruh. Bahkan bisa menjadi role model kota lainnya yang ada di tanah air.

 

Penerapan krusial pada ketepatan mengambil keputusan, AI sangat dibutuhkan pada kondisi ini, kota baru yang tentu saja segala regulasinya baru tentunya lebih mudah menerapkan AI dalam berbagai lini. Sejumlah lini yang krusial bisa jadi pemecah masalah dalam aspek pemerintah, masyarakat bahkan lingkungan.

Misalnya saja penerapan di pemerintah sangat kentara dalam merestrukturisasi sistem pemerintah. Selama ini birokrasi pemerintah acapkali dianggap sangat lambat dalam proses pelayanan publik. Ada banyak pekerjaan yang bisa AI digantikan.

 

AI jadi lebih cepat dan akurat, seperti pemrosesan dokumen dan data. Para Sedangkan PNS bisa lebih difokuskan pada tugas-tugas yang memerlukan kebijaksanaan manusia. Lalu, urusan mitigasi bisa memaksimalkan tugas menganalisis data cuaca, seismik, atau lainnya untuk memprediksi beragam bencana. Sekaligus mampu melalukan mitigasi dan respons darurat.

 

Tentunya yang paling penting ada segi kesehatan, sebagai kota baru yang berada di tengah jantung Pulau Borneo. Kesehatan para penghuninya harus menjadi prioritas, beragam penyakit khas hutan yang mudah berkembang biak di sana. 

 

Caranya dengan menganalisis data medis dan memprediksi penyakit yang ada pada penduduk IKN. Termasuk tugas AI dalam mendiagnosis penyakit, peramalan wabah penyakit, dan manajemen rumah sakit khususnya pelayanan kesehatan.

 

Cara AI Merevolusi Sistem di IKN Baru

Mengubah tatanan sistem yang telah dijalankan secara turun-temurun tentunya sangat sulit. Hanya ada satu cara yaitu disrupsi. Teknologi bisa melakukannya karena ia mampu mengintegrasikan sumber daya manusia dengan teknologi. Kolaborasi antara keduanya mampu memaksimalkan peran teknologi.

Aspek paling penting adalah pembangunan infrastruktur digital negara. Sejumlah hal yang wajib dibangun di IKN berupa jaringan 5G, keamanan siber, dan layanan e-Government. Hadirnya infrastruktur ini mampu menunjang penerapan AI jadi lebih optimal.

 

Disrupsi paling kentara saat AI hadir tentunya aspek pengambilan keputusan berbasis data. AI dapat menganalisis data besar dan kompleks untuk mendukung pengambilan keputusan yang lebih cerdas dan berdasarkan bukti. Hal ini dapat digunakan dalam berbagai bidang, termasuk kebijakan publik, perencanaan infrastruktur, dan anggaran pemerintah.

 

Urusan lainnya terdisrupsi dalam manajemen SDA. Kerusakan lingkungan terjadi akibat kita yang kurang memperhatikan beragam aspek. Perpindahan ibu kota cukup banyak dipengaruhi oleh tata kelola alam.  AI mampu membantu pemerintah dalam mengelola setiap spot sumber daya alam seperti air, energi, dan hutan dengan lebih efisien, memungkinkan pembangunan yang berkelanjutan. Bahkan bisa memperhitungkan cara pengelolaan yang ramah lingkungan dari hulu hingga ke hilir.

 

Mewujudkan Iklim AI dalam Sebuah Ibukota

Tahapan mengimplementasi AI tentunya harus dipersiapkan dengan sangat matang. Semua pihak harus sangat siap dan dibutuhkan kolaborasi besar antar lintas sektoral. Terpenting harus tahu dan memahami sepenuhnya teknologi yang digunakan. Jangan sampai terjadi gesekan karena AI sering dianggap mengganggu eksistensi manusia.

 

Tahapan terpenting tentunya melakukan proses identifikasi yang tepat terhadap kebutuhan dan tujuan. Apa saja bidang yang ingin dioptimalkan dan mana saja ada peran manusia di dalamnya. Ini tentunya mampu menghindarkan gesekan AI dan manusia. Serta pemilihan platform AI, algoritma, dan alat yang diperlukan sebagai penerapan sejumlah sektor awal saat IKN diresmikan.

Rasanya harus ada regulasi yang mengatur penggunaan AI dalam pemerintahan. Ini harus mencakup masalah privasi, keamanan data, etika, dan akuntabilitas. Beragam metode yang harus diterapkan seperti adanya otoritas khusus, perlindungan data pengguna hingga aspek transparansi dalam keamanan data saat menggunakan AI.

 

Tak lupa pula, sebuah IKN baru dibutuhkan para anak muda yang cekatan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan proyek AI. Ada beragam proses yang mereka lalui, mulai dari pelatihan staf, perangkat keras, perangkat lunak, dan kolaborasi dengan sektor swasta atau akademisi. Para anak muda juga dilatih cara mengelola, memonitor, dan berinteraksi penggunaan AI.

 

Indonesia siap jadi IKN berbasis AI

Pada 17 Agustus 2024 tahun depan, IKN resmi menjadi ibukota baru tanah air. Harapan besar ada di sana. Tahap sebatas memindahkan jutaan orang yang telah lama memadati Jakarta dan Pulau Jawa. Ada aspek besar yang lebih dari memindahkan pusat pemerintah, rapi implementasi AI jadi wujud nyata.

Bahkan Indonesia bisa jadi role model kota-kota modern di dunia dalam membangun kota smart city yang menggabungkan kondisi alam, keragaman, aman, terintegrasi dengan transportasi, rendah karbon dan tentu saja penerapan teknologi AI.

 

Semoga tulisan ini menginspirasi kita semua dan bisa merasakan penerapan AI yang optimal di IKN.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

ROG Phone 8

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Part of EcoBlogger Squad

Part of EcoBlogger Squad