Wednesday, February 13, 2019

Kenali 10 Istilah Penting di Dunia Digital Aset (Part 3)


Sudah hampir satu dunia digital aset berkembang pesat. Puncaknya mungkin di awal tahun 2018 saat sejumlah digital aset mengalami kenaikan dalam waktu dekat. Tapi setelahnya terjadi penurunan dan kelesuan pasar yang membuat banyak pengguna menjual asetnya.

Meskipun begitu, itu jadi dinamika yang sedang terjadi di dunia digital aset. Tidak ada yang tahu apa yang terjadi esok hari. Bagi para pengguna pemula, ada banyak istilah bisa dipelajari saat terjun di jagat kripto. Menjadikan digital aset sebagai salah satu investasi masa depan jadi salah satu pilihan. Butuh edukasi kepada pengguna dalam mengetahui istilah penting.

Saya sudah menuliskan pada postingan sebelumnya, postingan ini sebagai lanjutan dari istilah yang pernah saya jelaskan. Berikut ini 10 istilah penting yang bisa sobat ketahui tentang jagat kripto, cekidot:

1.      Analisis Fundamental
Teknik ini sangat perlu diketahui dalam mengetahui pasar dari digital aset incaran Anda. Khusus bagi pemula, ini adalah analisa dasar dalam proses trading. Perlu diperhatikan dalam konsep ini adalah melihat latar belakang aset digital yang diperjualbelikan, segala kejadian dan informasi yang mempengaruhi harga aset digital.
Image result for fundamental analysis cryptocurrency
Segala macam proyek yang dijalankan oleh pihak pengembang digital aset hingga sejumlah info fluktuasi harga digital aset yang incaran Anda. Teknik ini sangat layak dipelajari bagi pemula yang baru saja terjun di dunia digital aset. Sehingga para trader akan belajar banyak dalam proses trading sebelum melangkah jauh. Bisa dibilang cara ini sebagai awal mula mengenal dunia digital aset yang dinamis.

2.      Analisis Teknikal
Merupakan sebuah teknik dari pemantauan pergerakan dari data statistik digital aset. Apalagi yang ingin terjun dan mengetahui lebih jauh tentang digital aset saat ini. Salah satu caranya adalah dengan memantau pergerakan pasar, tren digital aset yang sedang mengalami kenaikan hingga pola grafik dalam spot market bahkan analisa volume di pasar.
Image result for tactical analysis cryptocurrency
Awal mulanya hanya dengan menghitung pergerakan harga pasar (instrument dari digital aset terkait). Makin ke sini ada banyak faktor yang memperngaruhi seperti regresi, korelasi antar pasar, dan faktor di luar pasar yang berpengaruh pada digital aset.

Digital aset yang bisa digunakan oleh mana pun sehingga setiap kebijakan pemerintah akan sangat berpengaruh besar. Faktor ini perlu diperhatikan dan dengan mempelajari analisis teknikal akan membantu Anda. Dalam menjual atau membeli digital aset dalam melihat pola yang sedang terjadi.

3.      Information Assurance
Istilah penting ini bertujuan sebagai jaminan informasi yang mengacu pada langkah-langkah perlindungan sistem informasi khususnya sistem komputer dan jaringan. Ada beragam jaminan informasi yang dikedepankan dalam konsep ini yaitu integritas, ketersediaan, otentifikasi, kerahasiaan, dan non-repudiasi (jaminan anti penolakan).
Related image
Apa yang diterapkan ini jadi sebuah kewajiban, mengingat begitu banyak ancaman yang dapat mengganggu sistem blockchain. Mulai dari aksi peretas, penyebaran virus, warm hingga aksi phising. Kelebihan blockchain pastinya tercatat dalam sistem distributed ledger yang mampu merangkum segala jaminan informasi. Sehingga mampu menyelesaikan masalah kepercayaan antar dua pihak atau lebih dalam transaksi.

4.      Blockchain ETFs
Blockchain pun punya konsep menyerupai reksadana dalam bentuk aset digital. Bukan hanya uang tunai  atau aset benda saja yang banyak dikembangkan dan kelola oleh ahlinya. Konsep berbasis reksadana ini dikenal dengan Blockchain ETFs. Singkatan ETF merujuk pada Exchange Traded Funds yang berarti reksadana.
Image result for Blockchain ETFs
Segala aktivitas akan tercatat dalam jaringan blockchain sehingga dapat diversifikasi penyebaran simpanan. Bukan hanya itu saja, ada juga peluang jual-bel secara real-time serta keamanan berbasis kriptografik yang enskripsi end to end . Meskipun begitu kita harus tahu risikonya karena konsep ini masih dalam pengembangan dan nantinya akan sempurna layaknya reksadana umumnya.

Akan ada banyak perusahaan berbasis blockchain yang menggunakan konsep reksadana dalam mencari kliennya. Bagaimana, Anda tertarik mencobanya?

5.      Crypto Hash Function
Kinerja dari fungsi hash kriptografi yang bertugas mengetahui jenis mekanisme keamanan yang mampu mengolah mengolah pesar dan melakukan evaluasi integritas data. Tak hanya itu saja hingga proses menghasilkan nilai untuk objek data tertentu.
Image result for Hash function
Fungsi utama Hash yang sangat sentral dalam mengamankan beragam informasi dengan cara evalusi integritas data, kontrol otentifikasi, serta mekanisme keamanan standar lainnya. Di dalam dunia digital asset ada beragam hash kriptografi yang terkenal, mulai dari SHA-256, MD5, dan SHA-1.

6.      dApp
Bukan kini sudah merambah di dunia blockchain. Sifatnya yang desentralisasi dengan semua pihak punya hak di dalamnya. Istilah inilah yang disebut dengan aplikasi berbasis blockchain dengan konsep desentralisasi, sehingga disebut dengan dApp (decentralized application).
Related image
Sifatnya adalah open source yang mana setiap orang yang ada di jaringan bisa dengan mudah membuat otonomi dalam system aplikasi tersebut sesuai dengan konsesus. Segala data terkait aplikasi akan tersimpan dengan aman di jaringan blockchain.

Para pengembang yang ada di dalam jaringan punya hak dalam mengubah dan memperbaiki aplikasi. Segala atensi mereka akan dihadiahi dengan insentif seperti token kriptografi. Semua itu berlandaskan pada hasil kerja berdasarkan proof of value.

Jangan heran aka nada banyak aplikasi dApp yang menarik pengguna, konsepnya yang mengandalkan vote dari anggota dijamin lebih adil. Dengan begitu akan banyak konten kreator dan smart user yang terlibat di dalamnya.

7.      Replicated Ledger
Replicated Ledger adalah sebuah salinan buku besar dari transaksi yang kemudian akan didistribusikan ke semua partisipan dalam jaringan blockchain yang sama. Ada tugas lain yang dilakukan pada replicated ledger adalah membagikan catatan data digital secara merata.
Image result for Replicated Ledger
Sistem jaringan blockchain yang mengandalkan jaringan peer to peer secara kolektif mengikuti protocol untuk komunikasi antar node dan memvalidasi blok baru. Pada buku besar tersebut akan didistribusikan secara merata dengan menggunakan komputer independen yang disebut dengan node.

Tugas utamanya adlaah merekam, membagikan, dan menyikronkan transaksi dalam masing-masing buku besar elektronik para pengguna. Kelebihan dari blockchain yang desentralisasi dinilai aman dan punya kontrol penuh dari para pengguna.

8.      To the Moon dan All High Time
Saat lonjakan digital aset, ada banyak istilah yang digaungkan para penggemar kripto. Ada istilah To the Moon dan All High Time. Nah… pada istilah to the moon adalah sebuah istilah ketika harga sebuah aset mengalami kenaikan secara cepat. Kejadian ini terjadi saat akhir tahun 2017 dan di awal tahun 2018. Banyak rekor yang pecah dan menjadi surga buat yang memiliki digital aset di wallet digitalnya.
Image result for to the moon cryptocurrency
Meskipun kini sangat jarang ada To The Moon dengan nilai fantastis, namun dunia digital aset penuh dengan kejutan. Dan pada masa ini akan memunculkan sebuah harga tertinggi yang pernah dicapai dari asset digital. Istilah ini disebut dengan All High Time karena rekor yang berhasil ia pecahkan.
Image result for all high time
Kita harapkan hal serupa bisa terjadi, pemecahan rekor ini mendorong dunia digital aset menjadi salah satu investasi menjanjikan.

9.      Cold Money
Pada proses trading kripto jelas punya risiko yang besar dibandingkan dengan trading konvesional. Ada banyak hal yang tidak terduga dalam proses trading, bisa saja hari ini Anda untung besar berlipat ganda, namun harus jatuh miskin keesokan harinya saat bangun.
Related image
Nah… istilah inilah yang menganjurkan pada trader menggunakan Cold Money. Ada banyak juga yang menyebutnya dengan Idle Money karena memang sengaja disisihkan di luar kebutuhan harian. Artinya uang itu sengaja disisihkan atau investasi jangkan panjang di dunia kripto.

Tujuannya agar Anda bisa tenang berinvestasi dan pastinya tidak menganggur ekonomi Anda. Pastinya harus ada banyak ilmu yang Anda pelajari, awali dengan investasi kecil sebagai pembelajaran.

10.  Multi Signature Address
Pada jaringan blockchain, Anda akan punya dompet digital yang akan menjadi tempat Anda menyimpan digital aset. Salah satu bentuk keamanannya adalah engan menyertakan tanda tangan digital dari beberapa pihak untuk menciptakan sebuah alamat aset digital baru yang disertau dengan public key.
Related image
Misalnya ada sebuah transaksi, maka akan melibatkan banyak tanda tangan digital dari pihak yang terkait sebagai persetujuan. Nilai transaksi juga berpengaruh pada jumlah tanda tangan ketika alamat aset digital terkait dibuat.

Nah… dengan begitu Multi Signature Address dinilai lebih aman dengan tingkat keamanan beraham dalam proses transaksi. Sehingga jauh dari peretasan karena banyak pihak yang mengamankan proses persetujuan terkait.

Itulah sejumlah istilah yang terkenal di jagat kripto, bagi sebagian orang dunia blockchain daln kriptografi sangat sulit dipahami. Alasan itulah saya menjelaskan sejumlah istilah di dunia digital aset yang mampu menambah pengetahuan sobat semuanya.

Nantinya ada banyak istilah lainnya yang akan saya bahas, semoga saja memberikan edukasi dan have a nice day.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Halo Penulis

My photo

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email