Kamis, 06 Desember 2018

Mengurangi Buangan Plastik, Pilihan Milenial Merawat Alam


Sudah pasti anak muda ingin tetap eksis di manapun ia berada, tangan sulit rasanya lepas dari gawai. Aktivitas macam update status, baca berita sampai sharing segala informasi sekitarnya. Itulah gambaran anak kekinian, lebih akrab disebut generasi milenial, generasi yang begitu kuat akan pengaruh teknologi. 

Lokasi mereka nongkrong tidak bisa lepas dari cafe atau kedai kopi. Suguhan minuman yang menggugah selera dan membangkitkan ide. Anak milenial terkenal dengan kreativitas dan inovatif, segelas kopi yang masih panas di ujung gelas memecahkan masalahnya.
Share:

Senin, 03 Desember 2018

Memberdayakan Sampah Pesisir dengan Ecobrick

Pantai, lokasi yang begitu lekat dalam hidup saya. Puluhan tahun hidup menjadi anak pesisir, badan lengket dengan pasir laut. Berlarian di pinggir pantai, bermain sepak bola pantai yang kadang buat mata kelilipan. Setelah kotor dan berkeringat, saatnya nyemplung bersama-sama di air laut.

Terombang-ambing dibawa ke sana kemari oleh pecahan gelombang. Matahari mulai ada di ujung tepi, perlahan beranjak tenggelam. Itu tanda pulang alam sebelum ibu mencari dan meneriaki kami pulang ke rumah.
Share:

Jumat, 23 November 2018

Pesona Hutan Hujan Khas Leuser Bukti Wonderful Indonesia

Luasnya Indonesia tak berbatas jangkau mata. Hamparan pegunungan berganti hutan menutup daratan, hiasan persawahan memperindah pandangan. Gelepar ikan dan hiasan terumbu karang di laut nan biru jadi bukti Indonesia indah luar dalam.

Surga itu nyata dalam wujud nusantara dan keindahannya yang memukau siapa saja. Panorama alam jadi daya tarik Indonesia untuk disinggahi siapa saja. Langkah kaki, rasakan kejutan dari pesona nusantara.
Share:

Minggu, 18 November 2018

Ketahui 10 Istilah Penting di Jagat Digital Aset (Part 2)

Dunia digital aset berkembang sangat selama setahun terakhir, walaupun di akhir tahun ini sejumlah aset mengalami penurunan yang cukup drastis. Tetap saja animo masyarakat dan mengubah stigma oleh masyarakat membuat digital aset jadi salah satu investasi menarik di masa depan. Berkat informasi dan edukasi yang diberikan, banyak pengguna baru yang tertarik berinvestasi di digital aset.

Dunia digital aset memang cenderung fluktuatif khususnya harga dan banyak regulasi sejumlah negara yang masih berpikir ulang tentang digital aset. Namun begitu, prospek yang menjanjikan di masa depan akan jadi peluang besar. Apalagi banyak perusahaan besar yang tertarik dengan sistem blockchain dan bahkan mulai menerapkan mata uang digital sebagai alternatif pembayaran.
Share:

Kamis, 15 November 2018

Evolusi Game dan Sensasi Gaming Max di Zenfone Max Pro M1

Memori masa kecil seakan kembali terngiang di kepala, perkenalan awal pada dunia game dimulai saat saya dihadiahi konsol game terbaru oleh sang paman. Dibandingkan harus main panas di luar rumah, sang paman saya pun membelikan sebuah konsol game paling mutakhir kala itu.

Masa kecil saya lebih banyak dihabiskan tinggal bersama nenek dan paman di kota, jauh dari orang tua yang bekerja di daerah. Menghilangkan rasa bosan dan semangat belajar, sang paman menghadiahi saya konsol karena saya berhasil juara kelas.
Share:

Kamis, 08 November 2018

Manjakan Diri di Momen 11.11 dengan Wishlist Terbaik

Musik seakan punya kekuatan magis mampu membuat para penontonnya campur haru, sedih sampai pada rasa senang tak terhingga. Tak perlu lirik atau bahkan mengerti lagu yang dibawa sang penyanyi. Cukup dari alunan musik saja, pendengar langsung larut di dalamnya.

Ada yang mengatakan musik itu masalah selera dan feeling pendengarnya. Tapi  menurut saya selera musik itu masalah pengalaman serta kenyamanan. Tak ada pihak yang berhak menganggap musik yang ia dengarkan lebih baik. Itu semua kembali ke urusan selera tak harus pemaksaan untuk menyukai suatu genre musik.
Share:

Minggu, 28 Oktober 2018

Mobil Listrik, Gebrakan Besar di Dunia Otomotif


Suara bising sangat mengganggu pendengaran, mungkin saya sudah kesal dan pegal telinga dengan suara desir kendaraan. Belum lagi asap polusi yang dihasilkan, malahan banyak yang bangga dengan suara berisik dari knalpotnya.

Kendaraan saat ini tidak menggunakan energi terbarukan dalam proses pembakaran. Jumlah makin menyusut setiap tahunnya, tidak berbarengan dengan jumlah kendaraan yang makin meningkat jumlahnya.
Share:

Selasa, 23 Oktober 2018

Berkreasi dan Bekerja Tanpa Batas di Layanan SpotQoe

Tren bekerja secara mobile dan instant merasuki anak muda khusus bekerja di dunia kreatif dan sesuai dengan passionnya. Mereka bisa bekerja di mana saja tanpa terikat apa pun (freelance) dan bahkan calon perusahaan perintis (startup).

Sejurus dengan pekerjaan kaum millenial sangat akrab dengan mengupload dan mendownload data dari setiap pekerjaan yang dikerjakan. Sudah pasti kerjaanya tidak jauh dari gawai, koneksi ngebut, dan seduhan secangkir kopi.
Share:

Selasa, 16 Oktober 2018

Aksi Sehat Ceria Menjaga Jiwa dan Raga Hingga Tua


Setelah tamat kuliah aktivitas berhubungan dengan fisik sudah berkurang jauh. Dulu hampir setiap harinya saya selalu menyempatkan diri untuk olahraga sudah jadi sebuah kewajiban. Aktivitas fisik mulai dari futsal main bola, jogging, dan olahraga lainnya seperti berenang ikut dijajal. 

Hampir setiap harinya ada keringat yang mengalir setelah olahraga. Seakan rasa capek olahraga seakan mengalirkan hormon endorfin yang bikin pikiran jadi rileks dan bahagia. Seakan olahraga punya dampak besar buat fisik dan mental.

Namun setelah tamat kuliah, aktivitas tersebut durasinya makin berkurang dan bahkan nyaris tidak ada. Ada banyak kesibukan yang menyita waktu di kantor atau kerjaan lainnya. Otomatis membuat jadwal berolahraga berkurang. Tidak ada lagi teman yang sempat berolahraga semakin otomatis membuat semangat berolahraga berkurang.
Share:

Selasa, 09 Oktober 2018

Rekomendasi Tempat Liburan Asyik dan Murah di Jakarta


Berada di Ibukota negara Indonesia bukan berarti kamu harus menghabiskan hari dengan bekerja atau menghabiskan uang di tempat-tempat yang mahal. Tapi tak perlu khawatir, di Jakarta ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam.
  
Untuk kamu yang sering ke Jakarta dan bingung mau ke mana untuk menyegarkan otak, coba datang ke tempat wisata di Jakarta berikut ini deh. Semua tempat wisata di Jakarta yang ada dalam list berikut adalah tempat yang murah meriah namun tetap menyenangkan untuk dijadikan destinasi liburan. 

Ocean Ecopark
Dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp. 25.000 saja, kamu sudah bisa mencoba berbagai macam kegiatan yang ada di dalam Ocean Ecopark ini. Tempat wisata di Jakarta yang satu ini memiliki konsep yang bertujuan untuk menyelamatkan lingkungan. Jadi kamu bisa berwisata sekaligus belajar bagaimana cara melestarikan lingkungan mulai dari cara yang sederhana.
Related image
sumber: ceritatravel.com
Kamu juga bisa melihat proses panen lebah di peternakan secara langsung, belajar bercocok tanam, dan juga belajar beternak di tempat ini. Jika ingin menaiki wahana, kamu bisa membeli tiket tambahan mulai dari Rp. 25.000 saja.

Pantai Ancol
Sudah bukan rahasia lagi jika Pantai Ancol adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang populer bagi wisatawan baik dari dalam maupun luar kota. Tidak ada biaya tiket untuk masuk ke kawasan pantai ini. Tidak perlu takut berdesakan, kawasan wisata Pantai Ancol ini memiliki 5 pilihan pantai kok.
Image result for pantai ancol
Sumber: limakaki.com
Ada Pantai Indah, Pantai Ria, Pantai Elok, Pantai Karnaval Ancol, dan juga Pantai Festival Ancol yang siap menyambutmu. Kebersihan di kawasan pantai ini cukup terjaga, ditambah lagi fasilitas yang disediakan sangat lengkap untuk kamu yang ingin menghabiskan waktu di tepi pantai.

Taman Wisata Alam Angke Kapuk
Jika selama ini kamu menganggap pantai indah kapuk hanyalah sederet perumahan mewah belaka, maka kamu salah besar. Ada surga tersembunyi yang berada di kawasan elit tersebut, namanya adalah Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Tempat tersebut merupakan hutan bakau cantik yang memiliki banyak fauna unik di dalamnya.
 
sumber: itc.co.id
Kamu bisa menyusuri hutan bakau tersebut dengan membayar sekitar Rp 25.000 saja. Seakan sedang merasakan pengalaman menjelajahi hutan bakau sekaligus merasakan sensasi berada di kawasan ekowisata mangrove.

Kompleks Kota Tua
Berlibur sembari belajar tentang sejarah tentu akan menambah nilai plus dalam liburanmu. Jika kamu ke Jakarta, cobalah juga untuk mengunjungi kompleks Kota Tua yang berada di Jakarta Barat ini. Tidak ada tiket masuk untuk ke sana. Jika ingin masuk ke museum-museum di sana pun, harga tiket masuknya sangatlah murah.
What to see around Kota Tua, Jakarta Old Town, Indonesia
sumber: timetravelturtle.com
Di tempat ini kamu akan disuguhi oleh bangunan tua bersejarah dan nuansa kota tuanya yang kental. Jika tidak ingin berdesakan, datanglah saat hari kerja. Karena pada akhir pekan atau musim liburan, tempat ini akan dipenuhi wisatawan dari berbagai penjuru tanah air.

Selain tempat wisata di Jakarta yang sudah kami sebutkan di atas, kamu juga bisa mencari referensi lainnya di website traveloka.com. Yang jelas, ibukota tak sejahat seperti yang ada dalam sinetron kok dan ramah banget buat siapa saja yang datang ke sana. Masih banyak sekali tempat asyik yang bisa kamu jadikan untuk destinasi liburanmu berikutnya.

Jadi tunggu apalagi, menikmati liburan murah di Ibukota yang asyik dan bikin pengalaman menarik tak terlupakan. 

Share:

Jumat, 28 September 2018

Leuser, Sejuta Cerita yang Patut Diabadikan dengan Ponsel Idaman


Traveling kini sudah jadi gaya hidup, banyak orang yang rela menghasilkan banyak uang buat jalan-jalan ke tempat yang ia inginkan. Ada sesuatu yang paling dirasakan sepulang dari liburan, pengalaman tak terlupakan dan kenangan.

Momen ini tidak bisa diulang kembali dan tak jarang salah satunya dengan mengabadikannya. Salah satunya momen itu direkam atau difoto. Oleh-olehnya pasti sebuah jepretan, bukti shahih sudah pernah melangkah ke sana. Sebuah bukti foto berharga akan dikenang dengan sejuta kenangan di dalamnya.
Share:

Sabtu, 22 September 2018

Unsyiah dan Peran Besarnya Mengubah Wajah Pendidikan Aceh

Seakan memutar kembali waktu 57 tahun silam tepatnya tanggal 2 September 1961, jadi hari bersejarah  berdirinya kampus berjuluk Jantoeng Hatee Rakyat Aceh, Unsyiah.  Peran berdirinya Unsyiah sangat besar, menggabungkan dunia akademisi di Aceh yang menggabungkan disiplin ilmu alam dan agama menjadi satu padu.
Share:

Jumat, 21 September 2018

Jadi Blogger Produktif dengan ASUS X555


Bicara tentang kreatif, paduan kata ajaib tersebut begitu lekat dengan makna produktif atau bahkan tidak bisa dipisahkan. Jangan heran mereka yang begitu produktif berusaha semaksimal mungkin untuk produktif termasuk dalam Ngeblog.

Zaman sekarang tak sah jadi Blogger sejati bila tidak produktif dan kreatif. Persaingannya begitu ketat di semua lini seakan mengharuskan jadi lebih baik. Kekuatan tulisan semata tidak cukup buat menarik minat para pembaca.
Share:

Rabu, 19 September 2018

Masa Depan Berbalut Kecerdasan Buatan di Huawei Nova 3i


Sempat pikiran saya memikirkan perkembangan teknologi di masa depan yang sulit dibayangkan. Evolusi teknologi paling kentara datang dari kecerdasan buatan, di film-film Hollywood seakan digambarkan AI akan mengganggu eksistensi manusia. Bahkan tak jarang dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan di masa depan.
Share:

Jumat, 14 September 2018

Jalan Panjang Si Raksasa Teknologi: Google


Tak ada yang menyangka dari sebuah garasi kecil di Kota Menlo Park, California jadi saksi kelahiran sebuah perusahaan teknologi paling berharga di kolong langit, namanya terdengar aneh saat itu namun begitu familiar kini. Google....

Mungkin masyarakat modern berpikir, bagaimana saat ini andai tidak ada Google. Ia seakan sudah memberikan segala macam akses teknologi buat memudahkan umat manusia. Mungkin saat kalian menguji internet yang ngadat, kata-kata yang terpikirkan pasti mengetik Google. Atau bahkan tidak tahu sesuatu, terucap kata: tanya saja sama Mbah Google.
Share:

Rabu, 12 September 2018

Kenali Teknologi Tepat Guna Buat Anak


Sore itu sebuah sudut cafe saya terpaku lama melihat anak-anak. Usia mereka masih cukup kecil, tertawa cekikan sambil tertunduk dengan gawai di tangannya masing-masing. Orang tuanya pun tak menggubris anaknya, mereka menganggap dengan ponsel si anak tidak hiperaktif dan tidak lari ke sana ke mari.

Share:

Jumat, 07 September 2018

Serba Gampang dan Multitasking Dengan ASUS Vivobook Flip TP410


Pernah ngga sobat dihadapkan dengan banyak kerja dalam satu waktu? 

Saat itu sobat harus memprioritas salah satunya buat kerjaan biar optimal. Makin banyak yang menyita pikiran bikin kerjaan ngga akan kelar. Fokus itu lebih baik dari pikiran yang bercabang termasuk banyak melakukan kerjaan dalam satu waktu. 
Share:

Kamis, 30 Agustus 2018

Inovasi Teknologi, Bukti Nyata Merdeka di Era Digital


Sudah 73 tahun bangsa kita merdeka, lepas dari belenggu penjajahan berabad lamanya. Perjuangan meraih kemerdekaan diraih berkat semangat pantang menyerah para pahlawan. Siang dan malam mempertahankan kedaulatan dan jati diri bangsa hingga akhirnya gaung kemerdekaan 17 Agustus 1945 berkibar.

Mari kita mencoba mundur ke belakang, melihat saat masa jelang kemerdekaan dari RI digaungkan. Kala itu hanya ada media massa radio dan surat kabar dalam menyebarkan kemerdekaan. Sampai akhirnya berita gembira akan kemerdekaan berhasil tersebar luas di nusantara, membuktikan kita sudah merdeka.
Share:

Selasa, 28 Agustus 2018

Asian Games, Bukti Jati Diri Bangsa di Hadapan Dunia


Rangkaian dentuman kembang Api dan permainan cahaya flood light menghiasi Gelora Bung Karno Senayan, seakan mengakhiri pesta Asian Games di Indonesia. Sebelumnya sudah ada pemadaman api kuadron serta penampilan menawan dari penyanyi dalam dan luar negeri memeriahkan malam penutupan. Aura suka cita atlet dari 45 negara dan penonton saling menyatu satu sama lain, menyalurkan Energi of Asia sesungguhnya.

Sejumlah pihak menilai Indonesia sukses menjadi tuan rumah yang baik dengan persiapan serba mepet. Indonesia sanggup menggantikan Vietnam yang harus mundur pada April 2014 karena menilai penyelenggaraan Asian Games membutuhkan dana sangat besar.
Share:

Jumat, 17 Agustus 2018

Yahoo, Pelajaran Bahwa Inovasi Itu Berharga


Sebulan yang lalu tepatnya tanggal 17 Juli 2018 mungkin adalah hari terakhir layanan chatting legendaris Yahoo Messenger beroperasi. Semenjak awal kemunculannya dua dekade silam, Yahoo seakan mengalami banyak masalah selama satu dekade terakhir. Seakan hanya mampu mengandalkan layanan chatting yang telah ketinggalan zaman.

Awal 2000-an adalah punya kejayaan, saat di bilik warnet segala komunikasi, pertemanan, dan kisah cinta tak berbalas lahir. Kejayaan PC pun saat itu puncaknya, antrean warnet dan punya akun Yahoo Messanger jadi bukti eksis anak muda zaman old. Suka duka warnet dan Yahoo seakan lekang oleh zaman dan hanya menjadi kenangan. Kini semua ia mulai mati meninggalkan nama dan pengguna.
Share:

Kamis, 09 Agustus 2018

E-Sport, Dimensi Baru Olahraga Berbasis Teknologi


Main game sering dianggap perbuatan sia-sia, selain menghabiskan waktu dan pemain game sering dianggap orang yang pemalas. Bagaimana tidak, mereka bisa menghabiskan hobi yang kadang sampai lupa waktu. Anggapan itu melekat erat masyarakat, ditambah para gamer identik dengan lelaki urakan dan masa depan tak jelas.
Share:

Minggu, 29 Juli 2018

Ketahui 10 Istilah Penting di Jagat Digital Aset (Part 1)


Mulai berkembangnya berbagai digital aset oleh masyarakat membuat digital aset jadi salah satu investasi menarik di masa depan. Berkat informasi dan edukasi yang diberikan, banyak pengguna baru yang tertarik berinvestasi di digital aset.

Ada yang belajar dari ahlinya dan ada juga yang belajar secara otodidak dari berbagai sumber yang ia baca. Dunia digital aset memang cenderung fluktuatif khususnya harga dan banyak regulasi sejumlah negara yang masih berpikir ulang tentang digital aset.
Share:

Minggu, 22 Juli 2018

Jadi Konten Kreator Makin Lega Berkat Bolt


Pagi hari, pertama kali kalian lakukan pasti ngidupin kouta terus mengecek notifikasi semalam. Mulai dari email, percakapan di instan messaging hingga proses pembayaran kerja. Anak milenial memang aneh, sangat susah lepas dari gawainya dan internet. Malahan sudah masuk kebutuhan wajib selain sandang, pangan, papan, dan internetan.

Di dunia kerjaan pun serupa, milenial punya cara sendiri dalam berkreativitas tanpa harus terikat sekaligus ribet. Bagi milenial, rutinitas yang dilakukan oleh orang tuanya seakan terlalu kaku dan tidak bisa neko-neko. Santai dikit dong, kayak kami anak milenial.
Share:

Rabu, 18 Juli 2018

Melihat Drone Kekinian di Masa Depan



Lalu lintas di udara begitu padat tak lain adalah sejumlah drone yang beterbangan ke sana kemari. Mungkin dahulu drone hanyalah permainan mewah kelas atas dan malah jauh sebelumnya  drone hanya digunakan militer dalam proses pengintai musuh. Kini drone modern bertransformasi menjadi salah satu teknologi industri di berbagai bidang.

Itu bermula dari gebrakan oleh pabrikan Phantom asal dalam merilis drone untuk kalangan masyarakat dengan harga terjangkau. Adanya drone,  Anda dengan mudah bisa melakukan proses pengambilan gambar serta video dari ketinggian dan pemetaan lokasi.
Share:

Senin, 02 Juli 2018

Blockchain serta Andil Besar pada Perdamaian Korea


Pagi itu musim semi mulai muncul dan menyapa semenanjung Korea. Jumat pagi di tanggal 27 April 2018 jadi hari bersejarah buat perdamaian dua Korea (Korea Selatan dan Korea Utara). Negara yang saling berselisih puluhan tahun akhirnya melunak, dahulu saling sikut dan kini saling merangkul. Mereka kini rela duduk dalam satu meja membahas perdamaian besar. Deklarasi damai antara keduanya akhirnya terjalin yang dikenal dengan Deklarasi Panmunjom.

Share:

Minggu, 24 Juni 2018

Kecerdasan Buatan dan Sepak Terjangnya dalam Menulis


Tahun 2016 publik Jepang sontak terkejut, salah satu karya novel hasil buatan kecerdasan buatan (AI) bisa masuk ke dalam nominasi anugerah sastra terbaik. Banyak yang tidak percaya bagaimana sebuah AI berbasis komputer berhasil membuat novel. Genre yang dipilih oleh AI tersebut adalah cerita fiksi ilmiah, sangat sesuai dengan latar belakangnya. 
Share:

Minggu, 17 Juni 2018

ASUS Vivobook A407, Laptop Mobilitas dan Penunjang Kreativitas





Pada pertengahan Bulan April kemarin ASUS mengeluarkan seri terbaru pada publik tanah air.  Laptop kelas Vivobook yaitu ASUS Vivobook A407 untuk kalangan yang menyukai mobilitas tinggi. ASUS memang tak pernah henti-hentinya dalam berinovasi termasuk pada pangsa notebook tanah air. Berbagai seri berhasil memanjakan konsumen termasuk seri terbaru dari generasi VivoBook dengan bentang layar 14 inchi. 

Pilihan warna yang diberikan oleh adalah ASUS Vivobook A407 ada dua, yaitu gabungan silver serta hitam dan icicle gold. Pada tengah laptop terdapat logo ASUS berwarna brush metal, terkesan gagah dan punya kesan premium. Itu didukung dengan engsel kokoh yang khas dari Vivobook seri ini.
Share:

Sabtu, 09 Juni 2018

Agusen, Desa yang Penuh Sejuta Cerita


Hamparan pegunungan terbentang begitu luas dan saat itulah Saya mulai merasa sudah berada di kawasan tengah Aceh. Perjalanan belasan jam harus kami lalui dari Banda Aceh hingga akhirnya bisa sampai di Gayo Lues.

Perjalanan darat menyusuri jalur tengah daratan Aceh menempuh waktu 15 jam. Sepanjang jalan disuguhi dengan berbagai aneka hutan hujan tropis yang begitu rapat, pegunungan yang luas membentang dan jalan yang begitu berkelok-kelok.
Share:

Senin, 04 Juni 2018

5 Perusahaan Tanah Air yang Getol Menerapkan Konsep Blockchain


Kehadiran Blockchain awalnya dianggap aneh dan tabu, namun secara perlahan-lahan sistem kini mulai diminati berbagai bidang. Semenjak awal meledaknya pemberitaan tentang Bitcoin, konsep Blockchain menggema ke mana-mana. Seakan jadi awal baru dari konsep Blockchain cukup menarik diterapkan ke berbagai bidang, bukan hanya sistem keuangan.

Inisiasi ini melahirkan sejumlah perusahaan dan instansi yang ingin mengusung konsep Blockchain. Selain karena transparan dan Peer to Peer, sangat cocok dengan perkembangan teknologi saat ini.

Bukan hanya di luar negeri, namun di tanah air mulai menjamur perusahaan yang menggunakan konsep Blockchain. Selain mengikuti tren, perkembangan teknologi jadi alasan sejumlah perusahaan menerapkan konsep Blockchain.
Share:

Minggu, 27 Mei 2018

Leuser, Pengalaman Ekowisata Tanpa Batas


Pengalaman tak terlupakan itu dimulai menginjakkan kaki di Kawasan Ekosistem Leuser (KEL). Hamparan alam dengan pemandangan hutan hujan tropis dengan aliran sungai bebas dari aktivitas manusia. Udara yang sejuk dan belum tercemar sedikit pun seakan merasakan indahnya surga dunia. Melihat pemandangan khas warga desa dengan aktivitas seperti bertani dan berkebun, semua itu mampu menyajikan potensi besar bernama Ekowisata.

Sekilas dari KEL sendiri miliki luas cakupan mencapai 2,63 juta hektar yang membentang di 7 kabupaten di dua provinsi. Dengan seluas 2,25 juta hektar terbentang luas di daerah Aceh. Menjadi penopang utama bagi 4 juta masyarakat yang hidup di sekitarnya.
Share:

Kamis, 17 Mei 2018

Apakah Masa Depan Altcoin Sudah Berakhir?

Sudah hampir empat bulan sejak awal tahun mata uang kripto mengalami penurunan yang sangat drastis. Setiap Minggu terjadi penurunan signifikan dan hampir setengah nilai asetnya saat ini. Jelas ini bukan merupakan kondisi yang sangat baik dalam perkembangan kripto dan juga blockchain.

Penyebab penurunan beragam, mulai dari akses peretas sejumlah akun digital aset pengguna yang ada di Korea, kebijakan sejumlah negara hingga aksi panic sell sejumlah pengguna yang menyebabkan harga turun.

Merujuk pada data yang dihimpun oleh Coinmarketcap saat ini. Ada sekitar 1523 dan ada sekitar 1178 mata uang kripto yang sudah memiliki nilai dan diperdagangkan di Coinmarketcap. Ini jadi lahan besar sejumlah altcoin baru bermunculan. Dengan berbagai konsep yang ditawarkan dan pastinya siapa yang mampu menarik minat pengguna digital aset.

Namun muncul sebuah pertanyaan besar tentang itu semua, bagaimana nasib Altcoin dan digital? Apakah hanya menjadi sejarah?

Proses peluncuran sebuah digital aset saat ini sangat marak. Mereka hanya butuh sebuah Whitepaper, membagi-bagikan koin pada pengguna, membentuk tim hingga menunggu proses ICO.

Apalagi konsep yang digunakan dari blockchain sangat beragam dan sangat tepat digunakan di berbagai bidang saat ini. Jelas ini membuat sejumlah pengembang berbondong-bondong untuk menerbitkan koin milik mereka. Dengan harapan ada yang membelinya dengan harga lebih mahal dan kemudian bisa meledak di pasaran. Tak jarang banyak altcoin yang tergolong scam dan hanya mencari keuntungan dari penggunanya. Ini jelas sangat berbahaya.

Nah.... supaya Anda tidak tertipu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di antaranya:

Tidak percaya iming-iming
Sebuah altcoin baru pasti memberikan iming-iming untuk pengguna baru. Tujuan utamanya adalah menggaet pengguna baru dengan koin yang belum diluncurkan. Jelas ini sangat menggiurkan, nyatanya koin tersebut tidak berarti apa-apa.

Lebih dikenal dengan Coin EDC tersebut punya sistem yang cukup lengkap dalam sebuah mata uang kripto. Ia punya segalanya, mulai dari Whitepaper, Blockchain Explorer dan terdaftar sebagai salah satu mata uang kripto resmi di Coinmarketcap.

Salah satunya EDC (E-Dinar Coin), konsep yang dijalankan menyerupai praktek Ponzi yang merugikan salah satu pihak. Selain itu pengguna tidak tahu jumlah koin yang ditambang dan yang tersedia saat ini. Ditambah lagi dengan Roadmap yang jelas dari EDC.

Tak hanya itu saja, proses pengumpulan dana atas pembelian Token tidak punya manfaat sama sekali, malahan merugikan. Selain itu EDC banyak mengincar para pengguna yang buta tentang dunia Cryptocurrency yang sangat tergiur dengan iming-iming keuntungan berlipat ganda. Ini jelas mencari para pengguna sebanyak-banyaknya tanpa jelas apa tujuannya. Anda yang pernah bergabung sebaiknya bisa meninggalkan aktivitas tersebut.

Whitepaper cukup meragukan
Sebuah koin baru pasti akan memiliki sebuah whitepaper yang ditulis. Tujuannya bagaimana nantinya sebuah platform tersebut bekerja dan mampu menguntungkan pengguna sebelum proses ICO berlangsung.

Semenjak kehadiran Bitcoin, banyak lahir altcoin dengan konsep beragam. Tak jarang ada sejumlah koin yang mengeluarkan whitepaper yang serupa atau tak jauh beda dengan altcoin terdahulu. Tujuannya mencari pengguna tanpa memikirkan kepentingan jangka panjang. Alhasil saat koin tersebut mengalami penurunan, ia langsung hilang dari peredaran.
 Image result for roadmap altcoin
Selain itu Anda harus memperhatikan Roadmapnya secara jelas dan pastinya kapan proses peluncuran berlangsung. Semua tertera jelas di Roadmap dari altcoin tersebut.

Tim yang menjanjikan
Sebuah platform harus punya tim yang punya reputasi baik. Tujuannya agar pengguna percaya dengan kinerja mereka di masa depan. Tim yang terbentuk pasti punya keahlian tertentu dan mereka punya reputasi baik. Misalnya dengan cantuman kinerja mereka di Linkedin serta kredibel atas platform yang dibuat.
scam 7.png

Ini akan meyakinkan para pengguna baru tahu dengan reputasi yang dimiliki oleh para tim. Sehingga mereka tidak tertipu saat proses airdrop yang sedang diberikan oleh altcoin baru tersebut. Apalagi ini jadi pegangan dan tempat aduan buat para pengguna saat altcoin tersebut nyatanya scam.

Unik dan Inovatif
Altcoin yang akan bertahan adalah yang unik dan bukan ikut-ikutan. Di antara ribuan altcoin, hanya beberapa yang mampu eksis dan dipercayai oleh pengguna. Alasan utama karena konsep yang ditawarkan mampu diimplementasikan dan punya whitepaper yang unik.

Tak hanya itu saja, ia mampu memecahkan masalah yang ada saat ini dan masa depan. Misalnya saja altcoin Ethereum yang mampu menerapkan konsep smart contract, sehingga mampu memudahkan proses pembuatan kontrak digital yang tidak mampu diubah oleh siapa pun. Konsep seperti inilah yang mampu bertahan di tengah gempuran altcoin baru yang hadir setiap harinya.

Mari kita kembali ke akhir tahun 90-an saat dot.com bubble pernah menimpa dunia teknologi. Saat itu begitu banyak perusahaan berbasis dot com muncul dan pastinya harga sahamnya melonjak sangat tinggi. Setiap ada perusahaan yang listing di lantai bursa saham, banyak investor yang membelinya dengan harapan harganya akan meroket naik.

Tak jarang mereka membeli dengan alasan keuntungan tanpa memikirkan dasar dari perusahaan itu di masa depan. Hampir mirip dengan begitu banyak altcoin saat ini, mereka membeli dengan harapan ada membeli dengan harga lebih mahal. Di dalam dunia bisnis, istilah ini akrab disebut dengan Greater Fool Theory

Walaupun begitu, di era 2000-an seleksi alam terjadi. Perusahaan yang punya konsep yang jelas dan visi jangka panjang mampu bertahan. Mulai dari Amazon, Ebay, dan bahkan Ali Baba. Membuktikan mereka mampu menjawab keinginan pasar bukan asal ikut-ikutan. Kini mereka sudah menjadi raksasa retail di dunia internet karena telah melalui pasang surut dunia dot.com dan pastinya konsep yang jelas dibutuhkan oleh masyarakat.

Kesimpulannya
Gebrakan dari sekian banyak altcoin saat ini memang punya nilai positif dalam perkembangan beragam digital aset. Walaupun nantinya hanya yang punya konsep yang jelas dan pengguna setia yang mampu bertahan.
 Image result for altcoin
Pesan saya adalah tetap berhati-hati di dunia digital aset, karena cukup rawan khususnya dari sejumlah altcoin baru dengan iming-iming tertentu. Lihatlah sebuah altcoin dari segi inovasi yang ia berikan bukan iming-iming menggiurkan yang mampu merugikan Anda.

Semoga saja postingan ini menginspirasi  di dunia klripto dan silakan komentarnya.
Share:

Jumat, 11 Mei 2018

Eksistensi Manusia dan Gebrakan Besar AI


Image result for deep blue vs kasparov
21 tahun yang lalu tepatnya tanggal 11 Mei 1997 jadi hari yang begitu bersejarah. Seorang grand master catur kenamaan dunia asal Rusia, Garry Kasparov harus takluk oleh sebuah komputer bernama Deep Blue.

Semua mata penonton tercengang saat melihat grand master yang tak terkalahkan itu harus takluk oleh komputer keluaran IBM tersebut. Manusia dahulu yang meragukan akan Artificial Intelligence seakan ciut nyali. Persaingan bukan hanya dari manusia, tapi dengan para AI.
Share:

Minggu, 06 Mei 2018

5 Situs Menarik Belajar Mendalami Tentang AI



Kita saat ini hidup di era perkembangan revolusi industri yang begitu mutakhir. Peran Artificial Intelligence (AI) sangatlah penting khususnya dalam autonomasi dari manusia ke teknologi. Kesadaran akan teknologi jadi salah satu alasan berbagai kalangan masyarakat akan pentingnya kemajuan dari AI. Apalagi saat ini kita sudah berada di era keempat dari industri.
Share:

Jumat, 20 April 2018

Belajar Banyak dari Kasus Kebocoran Data Facebook



Beberapa pekan yang lalu jagat maya dihebohkan dengan kampanye #DeleteFacebook yang menjadi trending sosial media. Perusahaan besar pun merespons hal tersebut dengan menutup akun Facebook milik mereka karena khawatir dengan gelombang tersebut, seperti yang dilakukan oleh Space X dan Tesla milik Elon Musk.
Share:

Jumat, 13 April 2018

Ketahui Lebih Jauh Mekanisme Smart Contract di Blockchain


Sistem Blockchain mampu melahirkan konsep desentralisasi yang begitu fleksibel bagi pengguna, salah satunya pengguna Smart Contract. Sifatnya yang desentralisasi tanpa terikat dengan pihak mana pun dan segala transaksi akan tercatat dengan jelas di catatan digital.

Konsep ini awal mulanya dicetus oleh seorang ahli komputer, sarjana hukum, dan pakar kriptografi asal Amerika Serikat, Nick Szabo. Ia merupakan lulusan terbaik dari Washington University dan di dalam jurnalnya ia membahas konsep dari Smart Contact. Konsep ini  mengenai proses pengikatan kerja sama dalam perdagangan dan transaksi digital dengan orang lain secara transparan.
Share:

Senin, 02 April 2018

Menakar Sosok Rahasia Dibalik Penemu Bitcoin



Sudah lebih dari 9 tahun semenjak pertama kali sosok yang menamai dirinya Satoshi Nakamoto menekan tuts di keyboard komputernya di tanggal 03 Januari 2009. Saat itulah genesis block yang ada di Bitcoin aktif dan dengan nilai hash yang tercatat 000000000019d6689085ae165831e934ff763ae46a2a6c172b3f1b60a8ce26f`

Tak hanya itu saja, ia seakan menulis kalimat yang terdengar cukup satir yang menyentil perbankan yang dianggap gagal total saat itu, khususnya resesi ekonomi dan bailout yang harus ditanggung oleh nasabah: 
The Time 03/Januari/2009 Chancellor on brink of second bailout for banks.

Semenjak gebrakan besar itu, sistem Blockchain seakan begitu akrab oleh pengguna internet. Awal mulanya harga Bitcoin tidak terlalu berharga dan hanya dikenal oleh sedikit orang. Namun sistem baru yang diperkenalkan tersebut mampu menarik banyak orang dan punya kelebihan dibandingkan sistem perbankan saat ini.
Share:

Rabu, 21 Maret 2018

10 Anggapan Keliru yang Dipercayai Orang Mengenai Blockchain dan Cryptocurrency


Besarnya antusias berbagai kalangan terhadap Blockchain dan Bitcoin seakan menimbulkan rasa sensitivitas berlebihan. Mulai dari melanggar hukum serta tindakan kriminal hingga dianggap haram menurut agama.

Kepercayaan itu sering sekali dipercayai langsung oleh orang awam saat mendengar Blockchain dan Bitcoin. Apalagi pemberitaan yang datang dari media saat ini seakan melekat pada pemahaman masyarakat.
Share:

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Kumpulan Tulisan